Jumat, 10 Januari 2014

CONTROLLING (PENGENDALIAN)




A.    Definisi Controlling
Menurut Usury dan Hammer (1994:5)  Controlling is management’s systematic efforts to achieve objective by comparing performances to plan and taking appropriate action to correct important differences” yang diartikan: Pengendalian adalah sebuah usaha sistematik dari manajemen untuk mencapai tujuan dengan membandingkan kinerja dengan rencana awal kemudian melakukan langkah perbaikan terhadap perbedaan-perbedaan antara keduanya.
Definisi lain dari beberapa sumber. controlling adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan prosedur penilaian hasil kerja terhadap tujuan perusahaan. Melalui penilaian dapat diketahui keberhasilan apakah sesuai dengan tujuan yang diharapkan atau tidak.
Pengendalian adalah proses untuk mengukur kinerja dan memastikan bahwa tindakan yang dilakukan berhasil mencapai tujuan yang telah ditentukan. Pengendalian membantu memastikan bahwa setiap individu maupun kelompok bertindak sesuai dengan rencana jangka panjang maupun jangka pendek organisasi. Pengendalian juga membantu memelihara kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan organisasi.

B.     Langkah-langkah Controlling
1.      Menentukan tujuan dan standar
v  Ada 2 jenis standar:
·         Standar output            :   kuantitas, kualitas, biaya dan waktu;
·         Standar input  : kepatuhan terhadap peraturan, efisiensi sumber daya, dan ketepatan waktu kerja.
v  Cara menetapkan standar: standar historis, standar komparatif, dan standar perencanaan.
2.      Mengukur kinerja
Mengukur secara akurat kinerja yang sebenarnya terjadi.

DAFTAR PSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar