Menurut
Usury dan Hammer (1994:5) “Controlling is management’s systematic
efforts to achieve objective by comparing performances to plan and taking
appropriate action to correct important differences” yang diartikan: Pengendalian
adalah sebuah usaha sistematik dari manajemen untuk mencapai tujuan dengan
membandingkan kinerja dengan rencana awal kemudian melakukan langkah perbaikan
terhadap perbedaan-perbedaan antara keduanya.
Definisi
lain dari beberapa sumber. controlling
adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan prosedur penilaian hasil kerja
terhadap tujuan perusahaan. Melalui penilaian dapat diketahui keberhasilan
apakah sesuai dengan tujuan yang diharapkan atau tidak.
Pengendalian
adalah proses untuk mengukur kinerja dan memastikan bahwa tindakan yang
dilakukan berhasil mencapai tujuan yang telah ditentukan. Pengendalian membantu
memastikan bahwa setiap individu maupun kelompok bertindak sesuai dengan
rencana jangka panjang maupun jangka pendek organisasi. Pengendalian juga
membantu memelihara kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan organisasi.
B. Langkah-langkah
Controlling
1. Menentukan tujuan dan standar
v Ada 2 jenis standar:
·
Standar output : kuantitas, kualitas, biaya dan waktu;
·
Standar input : kepatuhan
terhadap peraturan, efisiensi sumber daya, dan ketepatan waktu kerja.
v Cara menetapkan standar: standar historis, standar komparatif, dan
standar perencanaan.
2.
Mengukur kinerja
Mengukur secara akurat kinerja yang sebenarnya terjadi.
DAFTAR
PSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar