Rabu, 16 Oktober 2013

Perencanaan (Planning) dan Langkah-lamgkahnya



PERENCANAAN (PLANNING)

Perencanaan (Planning) adalah proses persiapan dasar atau penentuan cara-cara yang disusun untuk mencaai suatu tujuan tertentu.
·         Kaufman (1972) sebagaimana dikutip Harjanto, Perencanaan adalah suatu proyeksi tentang apa yang diperlukan dalam rangka mencapai tujuan absah dan bernilai.
·         Bintoro Tjokroaminoto mendefinisikan perencanaan sebagai proses mempersiapkan kegiatan-kegiatan secara sistematis yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.
·         Abdulrachman (1973), Perencanaan adalah pemikiran rasional berdasarkan fakta-faktadan atau perkiraan yang mendekat (estimate) sebagai persiapan untuk melaksanakantindakan-tindakan kemudian.

Pada hakekatnya perencanaan merupakan kemampuan seseorang dalam mengambil keputusan atas sejumlah pilihan mengenai sasaran dan cara-cara yang akan dilaksanakan di masa yang akan datang guna mencapai tujuan yang dikehendaki serta pemantauan dan penilaiannya atas hasil pelaksanaannya, yang dilakukan secara sistematis dan dan berkesinambungan.
Dalam perencanaan seseorang memutuskan apa yang harus dilakukan, kapan melakukannya, bagaimana melakukannya dan siapa yang melakukannya.

Langkah-langkah dalam perencanaan:
1)      Menentukan tujuan yang akan dicapai : syarat tujuan jelas, dapat dicapai, dan tidak terlalu ringan.
2)      Merumuskan keadaan saat ini.
3)      Menentukan faktor-faktor yang mendukung dan yang menghambat tercapainya tujuan tersebut.
4)      Merumuskan kegiatan yang harus dilaksanakan.
5)      Mengimplemantasikan rencana dan mengevaluasi hasilnya.


DAFTAR PUSTAKA
herry.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/966/PERENCANAAN.pdf
Mery Maswarita. Teori Perencanaan: Universitas Sriwijaya.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar