Jumat, 08 November 2013

Definisi Actuating dan Pentingnya Actuating



Definisi Actuating
George R. Terry (dalam, Saputra. 2011) mengemukakan bahwa actuating merupakan usaha menggerakkan anggota-anggota kelompok sedemikian rupa hingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran perusahaan dan sasaran anggota-anggota perusahaan tersebut oleh karena para anggota itu juga ingin mencapai sasaran-sasaran tersebut.
Koontz dan O Donnel (dalam, Kamiludin) Pengarahan adalah hubungan antara aspek-aspek individual yang ditimbulkan oleh adanya pengaturan terhadap bawahan-bawahan untuk dapat dipahami dan embagian pekerjaan yang efektif untuk tujuan perusahaan yang nyata.
Dalimunthe (2003) Pengarahan merupakan hubungan manusia dalam kepemimpinan yang mengikat para bawahan agar bersedia mengerti dan menyumbangkan tenaganya secara etektit serta efisien dalam pencapaian tujuan suatu organisasi. Di dalam manajemen, pengarahan ini bersifat sangat kompleks karena disamping menyangkut manusia juga menyangkut berbagai tingkah laku dari manusia-manusia itu sendiri.

Pentingnya Actuating
Actuating merupakan bagian penting, dari proses management berlainan dengan ketiga fungsi manajemen lainnya. Actuating khususnya berhubungan dengan orang-orang. Bahkan banyak managers praktik, beranggapan bahwa Actuating merupakan intisari management.
Hal yang penting untuk diperhatikan dalam pelaksanan (actuating) ini adalah bahwa seorang karyawan akan termotivasi untuk mengerjakan sesuatu jika:
·         Merasa yakin akan mampu mengerjakan
·         Yakin bahwa pekerjaan tersebut memberikan manfaat bagi dirinya
·         Tidak sedang dibebani oleh tugas lain yang lebih penting dan mendesak
·         Tugas tersebut merupakan kepercayaan bagi yang bersangkutan, dan
·         Hubungan antar teman dalam organisasi tersebut harmonis.

Referensi
1. Dalimunthe, R. F. (2003). KETERKAITAN ANTAR PENELITIAN MANAJEMEN DENGAN PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN ILMU MANAJEMEN. USU Digital Library. http://library.usu.ac.id/download/fe/manajemen-ritha1.pdf 3. Kamiludin, U. Actuating Penggerakan pada lembaga Pendidikan Islam. http://www.scribd.com/doc/51528625/Actuating
 4. Saputra, K. (2011) Dasar-dasar manajemen actuating. STMIK, http://www.scribd.com/doc/140577040/Makalah-Actuating

Tidak ada komentar:

Posting Komentar